Senin, 07 Januari 2013

mengenal gejala awal kanker rahim


Para wanita wajib mengetahui Gejala Awal Kanker Rahim karena siapapun bisa saja mengidapnya. Memang beberapa sumber menyebutkan bahwa kelompok usia yang beresiko mengalami kanker serviks adalah wanita dalam usia menopause, namun pada kenyataannya wanita yang masih sangat mudapun banyak yang mengidap kanker ini. Hal ini mungkin dikarenakan gaya hidup dan lingkungan yang mendukung berkembangnya sel kanker ini sehingga pada akhirnya wanita manapun dapat beresiko mengidap kanker yang sangat mengerikan ini.

Kanker serviks, atau disebut juga sebagai kanker leher rahim terjadi pada lapisan Endometrium yang merupakan pintu masuk ke rahim. Saluran ini terletak di antara rahim dan vagina. Berkembangnya kanker serviks memang membutuhkan waktu 10-20 tahun. Tetapi dengan gaya hidup yang kurang sehat dan juga lingkungan yang penuh dengan radikal bebas yang dapat memicu kanker, perkembangannya bisa menjadi lebih cepat. Kenali gejala kanker serviks sejak dini untuk menghindari keterlambatan penanganan.

Gejala Awal Kanker Rahim – Pendarahan Pada Vagina
Salah satu gejala kanker serviks yang paling umum adalah terjadinya pendarahan yang tidak normal pada vagina. Pendarahan ini mengindikasikan adanya kanker pada leher rahim yang kemudian menimbulkan luka dan pendarahan. Walaupun pendarahan pada vagina tidak selalu berarti indikasi kanker rahim, tetapi tetap penting untuk diwaspasdai karena mungkin saja telah terjadi infeksi dan harus segera ditangani oleh dokter.

Pendarahan yang tidak normal dapat berupa pendarahan yang terjadi di luar masa haid atau diantara periode menstruasi yang reguler. Pendarahan seperti ini patut dicurigai karena dapat saja benar merupakan indikasi telah terbentuknya kanker pada mulut rahim. Beberapa wanita mengalami pendarahan, bahkan beberapa diantaranya cukup hebat, setelah berhubungan seksual. Pendarahan ini juga biasanya disertai dengan rasa nyeri yang luar biasa. Jika anda mengalaminya, segera periksakan diri anda ke dokter karena mungkin saja merupakan gejala awal kanker serviks.

Gejala Awal Kanker Rahim Lainnya
Selain terjadinya pendarahan yang tidak normal, gejala lainnya dari fase awal kanker serviks adalah timbulnya keluhan nyeri pada saat buang air kecil. Hal ini merupakan hal yang cukup umum dialami wanita yang ternyata mengidap kanker rahim. Pada stadium yang lanjut, dimana kanker sudah menyebar ke panggul, maka penderitanya biasanya mengeluhkan nyeri punggung. Pembesaran ginjal juga merupakan salah satu gejala kanker rahim stadium lanjut dimana penyebaran sel kanker telah mencapai bagian panggul. Penurunan berat badan secara drastis juga dapat menjadi salah satu gejala kanker serviks. Selalu waspada terhadap gejala-gejala tersebut merupakan langkah yang paling tepat. Jika gejala-gejala tersebut dirasakan, segera periksakan ke dokter kandungan. Jangan tunggu sampai terlambat.

2 komentar:

  1. .... bener mbak... lebih baik kenali dulu gejalanya... sebelum terlanjur kena......

    BalasHapus