Rabu, 13 Maret 2013

crispy chicken steak ala waroeng steak


Kalo ditanya tentang makanan kesukaan, Najma si sulung pasti jawab steak. Tiap hari makan steak pun dia mau. Hadeeh.... bisa bangkrut umi :(  Udah lama browsing sana-sini tapi belum nemu resep steak yang ga aneh-aneh bahannya. Finally... ketemu juga resep yang hmm... kayaknya gampang ni.. judulnya juga ala waroeng steak, pas banget sama steak langganan keluarga.. di blognya  mba diah


Kemarin aku nyoba bikin steak ayam, aku ubah sedikit resepnya, ini nih bahannya:
1 potong daging dada ayam iris tipis (kurang lebih 200 gr)
Saus tiram untuk merendam ayam
sayuran beku ditumis dengan margarin dan bawang bombay cincang
2 butir telur, kocok lepas
150 gram tepung terigu
1 sendok makan tepung maizena
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam
Minyak untuk menggoreng.

bumbu saus:
1 buah tomat, direndam air panas, buang biji dan kulit,cincang.
2 siung bawang putih, cicang halus
2 siung bawang merah, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, cincang halus (jumlah bawang-bawangan aku kurangin, rasanya tetep enak kok)
10 ml saus tiram
1 sendok teh merica bubuk
garam secukupnya
1/2 sendok teh kaldu bubuk
1/2 botol saus tomat ukuran kecil
1/2 sendok makan gula pasir
1 sdm kecap manis
200 ml air
1 sdm maizena, larutkan
margarin untuk menumis

cara membuat:
  1. rendam ayam dalam saos tiram, merica bubuk, kaldu bubuk dan sedikit air. diamkan sebentar
  2. gulingkan irisan ayam ke campuran tepung terigu yang sudah dicampur merica bubuk, kaldu bubuk, dan garam. Masukkan ke dalam kocokan telur, gulingkan kembali ke campuran tepung sambil di cubi-cubit agar bisa keriting.
  3. goreng dalam minyak yang panas dan banyak sampai kuning keemasan
  4. untuk saosnya; Tumis bawang bombay , bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum. Masukan tomat cincang, air dan bumbu bumbu lain, tambahkan gula pasir,aduk sampai mengental. Jika kurang kental, bisa di tambahkan sedikit maizena cair.
  5. chicken crispy steak siap disajikan :)

7 komentar:

  1. Salam kenal semua...


    Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah makan. Setiap hari manusia harus makan...

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkanlah sebuah usaha Bisnis Kuliner.
    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.
    Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar, Iga Bakar, Sate dan lain-lain.
    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :
    HP : 0857 8092 6000, 0813 9324 6000, 0878 0288 6000
    Pin BB. : 32696186, 31EAB8FB

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
    http://www.usaha-nyata.com

    BalasHapus
  2. Ayam nya direbus dl or cm direndam ajah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. direndam saja dengan saos tiram.. selamat mencoba yah :)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Itu ada di kasih maizena cair.. tp di bumbu gk ada tulisan maizena cair.. bingung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tuh di atas.. maizena dilarutkan.. :)

      Hapus
  5. Cara membuat saus nya itu yang benar pake kecap atau pake saus tomat ya? Soal nya aku baca resep lain pada pake saus tomat,bukan kecap

    BalasHapus