Minggu, 06 Januari 2013

Makanan yang membantu menurunkan berat badan



Di sekitar kita banyak sekali beredar produk suplemen diet yang menjanjikan penurunan berat badan, tapi banyak pula yang tidak berhasil. Ada cara lain untuk diet yang benar-benar berhasil. Ternyata banyak makanan yang dapat membantu melawan rasa lapar, meningkatkan metabolisme, menyingkirkan kecanduan terhadap permen, dan terutama mengurangi berat badan. Beberapa diantaranya bahkan menyehatkan jantung.
1.      Telur
Telur, yang penuh dengan protein, akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama - lebih lama. Penelitian lain menunjukkan bahwa protein juga dapat mencegah lonjakan gula darah.
2.      Biji-bijian
Hormon cholecystokinin merupakan penekan nafsu makan alami. Jadi bagaimana Anda mendapatkan lebih banyak cholecystokinin? Salah satu caranya, menurut laporan peneliti di University of California di Davis, adalah dengan mengkonsumsi kacang: Sebuah studi dari delapan orang menemukan bahwa tingkat hormon mereka meningkat dua kali lebih tinggi setelah makan yang mengandung kacang daripada setelah makan rendah serat seperti beras dan susu kering. Ada juga beberapa bukti bahwa biji-bijian menjaga gula darah tetap stabil, sehingga Anda dapat menunda rasa lapar. Kesehatan bonus: Tinggi serat kacang dapat menurunkan kolesterol Anda.
3.      Salad
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa orang yang makan satu salad dengan saus sehari memiliki kadar vitamin C dan E, asam folat, likopen, dan karotenoid - semua pejuang penyakit - daripada mereka yang tidak  menambahkan salad untuk menu sehari-hari mereka.
4.      Teh hijau
Antioksidan yang disebut catechin adalah apa yang membantu kecepatan metabolisme dan pembakaran lemak. Dalam sebuah penelitian di Jepang, 35 pria yang minum sebotol teh oolong dicampur dengan catechin teh hijau mengalami penurunan berat badan, meningkatkan metabolisme mereka, dan memiliki penurunan yang signifikan dalam indeks massa tubuh mereka. Bonus Kesehatan: kolesterol LDL juga mengalami penurunan.
5.      Buah pir
Buah pir dan apel mengandung serat pektin, yang menurunkan tingkat gula darah, membantu Anda menghindari ngemil di antara jam makan. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa, dalam sebuah penelitian di Brazil yang berlangsung 12 minggu, wanita dengan kelebihan berat badan yang makan tiga buah pir kecil atau apel per hari mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibanding wanita pada diet yang sama yang makan tiga kue oat sebagai ganti buah.
6.      Sup
Semangkok sup cukup untuk memuaskan rasa lapar
7.      Daging sapi
Mengkonsumsi sembilan sampai 10 ons daging sapi per hari pada diet sekitar 1.700 kalori membantu wanita menurunkan berat badan, lebih banyak lemak, dan kurang massa otot daripada kelompok yang mengkonsumsi jumlah kalori yang sama, tapi sedikit protein. Pemakan daging sapi juga memiliki rasa lapar lebih sedikit
8.      Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang akan membantu membakar kalori
9.      Buah grapefruit
Fitokimia buah ini dapat menurunkan kadar insulin, suatu proses yang dapat memaksa tubuh Anda untuk mengubah kalori menjadi energi daripada timbunan lemak.
10.   Kayu manis
Riset dari Departemen Pertanian Amerika Serikat menemukan bahwa sedikit kayu manis dapat membantu mengontrol lonjakan insulin pasca-makan, yang membuat Anda merasa lapar. Kesehatan bonus: seperempat sendok teh kayu manis per hari menurunkan gula darah, kolesterol, dan trigliserida pada orang dengan diabetes tipe 2.
11.   Cuka
Dalam sebuah studi di Swedia, para peneliti menemukan bahwa orang yang makan roti yang dicelupkan ke dalam cuka merasa kenyang daripada yang tidak. Alasannya, asam asetat dalam cuka dapat memperlambat perjalanan makanan dari lambung ke dalam usus kecil, sehingga perut Anda tetap kenyang lebih lama. Cuka juga bisa memperlambat peningkatan gula darah yang terjadi setelah Anda makan karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, dan biskuit.
12.   Tahu
13.   Kacang-kacangan
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang ngemil kacang cenderung lebih ramping dibanding yang tidak. Kacang-kacangan banyak mengandung asam omega-3 yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung.
14.   Sereal
Serat yang sangat tinggi pada sereal dapat menekan nafsu makan, juga menyehatkan jantung
15.   Cabe
Cabe mengandung capsaicin , yang membantu menekan nafsu makan. Dalam sebuah penelitian di Jepang, 13 wanita yang sarapan dengan cabe merah, makan lebih sedikit pada saat makan siang

sumber: goodhousekeeping.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar