Selasa, 04 Desember 2012

makanan pencegah kanker payudara




Salah satu cara terbaik dalam mencegah penyakit adalah mengatur makanan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa makanan tertentu dapat menjadi sumber pencegahan dan pengobatan suatu penyakit termasuk kanker payudara.
Berikut adalah empat jenis makanan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan payudara dari kanker;
1.      Serat
Bukti dari beberapa studi menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi 30 gram serat per hari memiliki pengurangan risiko signifikan (32%) kanker payudara. Serat banyak terdapat pada oatmeal, apel, buah beri.

2.      Omega-3
Omega-3 sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya. Penelitian menunjukkan bahwa omega-3 meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan sangat penting bagi kesehatan payudara. Salah satu alasan mungkin karena omega-3 mengurangi peradangan, suatu kondisi yang merusak jaringan sehat dan bisa mendorong sel - termasuk sel-sel kanker - untuk tumbuh. Asam lemak ini dapat diperoleh dari ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

3.      Sayuran
Sayuran seperti arugula, brokoli, kembang kol, kubis, kecambah, dan bok choy kaya akan sulforaphane - salah satu fitokimia primer (senyawa pelindung ditemukan pada tumbuhan) yang membantu mencegah kanker. Penelitian terbaru dari Linus Pauling Institute, yang didukung oleh National Cancer Institute, menunjukkan bahwa sulforaphane selektif dapat menargetkan dan membunuh sel kanker dan membiarkan sel-sel normal sehat dan tidak terpengaruh.

4.      Folat
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa wanita dengan kadar folat tertinggi memiliki risiko 44% lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan mereka dengan kadar folat terendah.  Untuk membantu melindungi diri sendiri, konsumsilah 1-2 porsi makanan yang kaya folat tiap hari. Lentil, kacang kedelai, buah-buahan tertentu seperti jeruk, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, asparagus, daun letus, dan sereal adalah sumber folat yang baik.

#sumber: doctoroz.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar