Jumat, 11 Mei 2012

manfaat bawang putih


Bawang putih adalah jenis umbi-umbian  yang telah digunakan sebagai penyedap masakan selama ratusan tahun. Peneliti telah mempelajari bawang putih selama beberapa tahun dan telah menemukan bahwa ia memiliki sifat obat. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bawang putih:

1.       Membantu mencegah infeksi bakteri
Bawang putih adalah antibiotik alami. Tidak hanya membantu mencegah infeksi bakteri, tetapi juga dapat membantu mencegah infeksi jamur dan virus. Bawang putih terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
2.       Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang mempengaruhi sekitar 25 persen dari orang dewasa. orang-orang yang rutin mengkonsumsi suplemen bawang putih dapat mengurangi tekanan darah mereka hingga lima persen. Selain itu, bawang putih suplemen mungkin juga menurunkan risiko seseorang mengalami stroke sampai  40 persen.
3.       Membantu mencegah terbentuknya gumpalan darah
Platelet adalah fragmen sel yang bertanggung jawab untuk membentuk gumpalan darah, tapi mereka juga bisa menyebabkan penggumpalan darah di arteri.  Bawang putih membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah dalam arteri.
4.       Mengurangi tingkat kolesterol
Kolesterol tinggi mempengaruhi hampir 40 persen dari populasi orang dewasa. High-density lipoprotein(HDL) membantu menjaga arteri tetap bersih. Bawang putih dapat  mengurangi LDL hingga 20 persen.
5.       Mengurangi  radikal bebas dalam tubuh
Bawang putih bertindak sebagai antioksidan dan dapat membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh.
6.       Mengurangi  peradangan
Peradangan adalah reaksi tubuh menanggapi rangsangan berbahaya. Bawang putih membantu mengurangi peradangan.
7.       Mencegah kanker
Ahli kesehatan percaya bahwa bawang putih membantu mencegah sel kanker tumbuh.
8.       Mengobati diabetes
Bawang putih dapat membantu mengobati diabetes dengan membantu tubuh memproduksi insulin lebih banyak.
9.       Menurunkan berat badan
Studi hasilnya bahwa tikus-tikus yang diberi makan bawang putih dapat menurunkan berat badan. Bawang putih dapat mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan seseorang.

Sumber: EzineArticles.com










Tidak ada komentar:

Posting Komentar