Rabu, 27 April 2011

earth day

Di dunia internasional, hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April -which is today. Tapi kalau menurut PBB sih hari Bumi dirayakan setiap tanggal 20 Maret. Sebenarnya nggak begitu penting kapan tepatnya si Bumi tercinta ini berulang tahun,  tiap hari kita bisa memperingati hari Bumi karena kata bang Wikipedia, hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini.

Lalu apa sih yang sudah kita berikan sebagai apresiasi kita terhadap bumi? Apa ya yang bisa kita lakukan? Sebenarnya banyak banget hal mudah yang bisa kita lakukan, diantaranya:
  1. kurangi sampah terutama sampah plastik; bawa tas yang bisa dipakai ulang untuk berbelanja, hindari pemakaian styrofoam, pakai wadah plastik yang bisa digunakan berulang kali (kayak tupperware, tuh... hihi... kok malah ngiklan)
  2. hemat listrik; pakai lampu yang hemat energi, jangan lupa matiin lampu kamar mandi setelah dipakai
  3. hemat air; gunakan air bekas pewangi pakaian untuk mengepel lantai
  4. gunakan sepeda untuk tujuan dekat, sekarang lagi ngetren kan, bike to work...
  5. gunakan kertas seefisien mungkin
  6. gunakan diaper yang bisa dicuci berulang kali untuk bayi kita (cloth diaper/clodi)
  7. perbanyak tanaman; lumayan kan kalau punya tanaman cabe di rumah, nggak usah beli tinggal panen. Kalau tak punya lahan atau tanah kosong bisa tanam dalam pot, atau tanam di halaman tetangga, dijamin pasti disayang tetangga... hihihi
  8. ganti kertas tisu dengan sapu tangan; in another words, kurangi nonton film sendu... biar nggak banyak ngeluarin air mata :)
Kayaknya gampang ya... tapi susah juga kalau kita nggak punya keinginan untuk menjaga bumi yang sudah saaangat tua ini. Apa yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita jika kita masih saja tak peduli dengan lingkungan?
Let's go green...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar